Search Google

7 Bagian skripsi yang paling sering dikoreksi dosen

Ketika kamu membuat sebuah skripsi hal yang paling penting ditanamkan dalam diri adalah persiapan mental. Sebaik apapun skripsi yang kamu buat pasti akan ada yang dikoreksi, meskipun itu hasil copian dari teman kamu yang sudah jadi sarjana dari kampus sebelah, karena itulah tantangan dalam pembuatan skripsi siap menerima apapun yang terjadi. 




Namun ada baiknya kita mengantisipasi kejadian-kejadian yang akan terjadi maka dari itu kita waspadai beberapa hal yang sering dikoreksi dosen: 


  1. Ketikan yang keliru
    Dalam mengetik skripsi perhatikanlah seteliti mungkin jangan sampai salah ketik terutama di judul-judul sub tulisan, namun usahakan semuanya tidak ada yang salah ketik karena ada dosen yang benar-benar sangat teliti dalam memeriksa skripsi kamu.
  2. Format penulisan skripsi
    Format penulisan skripsi sangat penting diperhatikan karena disinilah dilihat kerapian dalam penulisan skripsi biasanya telah ditentukan oleh kampus kamu. 
  3. Tanda baca
    Skripsi merupakan tulisan yang resmi bahkan nantinya kita akan disidangkan diuji secara terbuka oleh lebih dari satu dosen, maka perhatikan tanda baca yang anda gunakan karena dalam penulisan ada syarat-syarat yang sudah jelas berdasarkan EYD.
  4. Jumlah halaman
    Jumlah halaman paling sering terjadi yaitu kekurangan jumlah halaman skripsi kamu, mungkin saja telah kehabisan bahan sehingga target jumlah halaman tidak tercapai biasanya jumlah halaman yang ditentukan umumnya adalah minimal 60 lebar isi skripsi. Jadi bagaimanapun caranya buatlah jumlah halaman minimal yang telah ditentukan oleh kampus kamu.
  5. Letak posisi halaman
    Jangan sepelehkan letak posisi halaman pada skripsi kamu, coba bayangkan jika skripsi kamu sudah dicetak ternyata penempatan halaman tidak sesuai dengan yang telah ditentukan oleh kampus kamu pasti akan menjadi sangat menjengkelkan karena harus dicetak ulang lagi. 
  6. Judul skripsi tidak sesuai dengan isinya  
    Suatu hal terlucu dalam penulisan skripsi dan yang paling diperhatikan oleh dosen adalah judul dengan isi skripsi karena disinilah sering kelihatan skripsi copy paste. Iya benar tidak sedikit diantara kamu yang hanya mengcopy paste dari skripsi teman sarjana yang hampir mirip dengan judul kamu sehingga lupa mengganti isi skripsinya.      
  7. Pengunaan numbering
    Numbering merupakan sub-sub judul isi dari skripsi kamu maka dari itu ada aturan yang harus dipatuhi contohnya: setelah menggunakan Angka gunakan Huruf selanjutnya sebagai isi sub numbering angka.
            A. contoh1
                  1. contoh1
                  2. contoh2
                  3. contoh3
                       1.1 contoh1
                       1.2 contoh2  
                       1.3 contoh3
            B. contoh2
            C. contoh3  

Maka dari itu janganlah teledor bacalah kembali isi seluruh skripsi kamu sebelum dibawah ke dosen untuk diperiksakan. 

Related Posts:

Lihat 7 post list lainnya

Cari di Google