Search Google

7 Bagian Skripsi/ Tesis yang harus diperhatikan

Membuat skripsi/ tesis/ karya tulis ilmiah lainnya merupakan hal yang susah bagi kamu yang belum pernah merasakannya, namun jika ada yang mengatakannya susah juga sudah pasti kamu belum pernah merasakannya. Sebenarnya dalam membuat sebuah skripsi terdapat tantangan yang mengasyiknya karena disitulah ketika dikoreksi oleh dosen kamu akan merasakan sangat kecewa, dan bahkan berkali-kali dilakukan koreksi tersebut. Orang-orang yang membuat skripsi sendiri biasanya adalah orang-orang yang suka tantangan, karena dibalik kekecewaan itu terdapat ilmu didalamnya sehingga kekecewaan itu akan terbayar jika skripsi telah terselesaikan. Agar mudah dalam pembuatan skripsi berikut ini 7 bagian skripsi yang harus diperhatikan:  
  1. Judul skripsi 
    Dalam pencarian judul sebaiknya mencari judul yang sesuai dengan kemampuan anda. Namun jangan pernah mengambil judul yang ada dalam kampus kamu karena sudah pasti ditolak oleh dosen karena biasanya sudah dicatatan dalam daftar judul skripsi yang ada dalam kampus. Dalam permohonan judul kita akan disuruh mencari 3 judul untuk diajukan, usahakan lokasi tempat penelitian ada kenalan dalam kantor tersebut, gunanya mempermudah pengambilan data dan informasinya nanti ketika penelitian. 
  2. BAB skripsi 
    Didalam skripsi ada BAB yang memperkokoh bangunannya, kegunaan bab ini tentunya agar tulisan kita terstruktur dan mudah dipahami oleh penguji/ pembaca.
  3. Ukuran kertas yang digunakan 
    Jangan anggap sepeleh dalam pemilihan ukuran kertas dalam pengetikan skripsi, jika tidak diatur terlebih dahulu akan mengakibatkan pengeditan skripsi kembali bahkan merusak format-format penulisan kripsi kamu.  
  4. Latar belakang masalah 
    Menulis latar belakang masalah harus model kerucut terbalik inilah yang paling sering terkena koreksi dosen pembimbing kamu. Model penulisan krucut terbalik adalah model penulisan yang awalnya menggunakan bahasa umum dan semakin kebawah semakin menjurus ke inti judul skripsi yang akan dibuat. 
  5. Rumusan masalah dengan hasil penelitian sinkron 
    Rumusan masalah merupakan hal yang akan diteliti sedangkan hasil penelitian adalah jawaban dari rumusan masalah. Biasanya rumusan masalah lebih dari 1 yang berupa pertanyaan karena itulah inti dari isi yang akan dibahas secara umum yang ada dalam skripsi tersebut. 
  6. Kesimpulan 
    Kesimpulan adalah jawaban singkat dari rumusan masalah. Oleh karena itu kesimpulan merupakan penutup dari skripsi mungkin saja anda mau melihat inti dari isi skripsi lihat saja penutupnya namun jika ingin melihat secara rinci bacalah seluruh isi skripsi tersebut.
  7. Daftar pustaka 
    Jangan anggap sepeleh daftar pustaka sebuah skripsi, karena jangan sampai anda memasukkan jumlah daftar pustaka sesuai target yang biasanya minimal 20 daftar pustaka namun tidak ada didalam isi skripsi, dosen pasti akan tau dengan melihat footnote isi skripsi kamu. 



Related Posts:

Lihat 7 post list lainnya

Cari di Google